Proposal Skripsi Bahasa Indonesia

Meningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Melalui Pengajaran Piranti Kohesif

Persamaan Persepsi

Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah pada umumnya ditekankan pada penguasaan empat aspek keterampilan berbahasa, yaitu berbicara, menyimak, menulis, dan membaca. Menulis sebagai salah satu aspek keterampilan berbahasa perlu untuk dikuasai. Penguasaan keterampilan menulis tidak kalah pentingnya dengan penguasaan tiga aspek keterampilan berbahasa yang lainnya. Pentingnya penguasaan keterampilan manulis amat terasa dalam kehidupan sehari-hari.

Mengingat menulis merupakan salah satu kegiatan yang dapat memungkinkan terjadinya komunikasi. Hal ini sejalan dengan pendapat Nuraini (1994: 233) yang menyatakan fungsi utama menulis adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung. Dikatakan tidak langsung karena, komunikasi melalui media tulisan tidak mengharuskan komunikator dan komunikan hadir disatu tempat yang sama dan berhadapan langsung untuk berkomunikasi. Dengan kalimat lain, komunikasi yang terjadi antara komunikator dan komunikan bisa terjadi meskipun keduanya terpisah ruang dan waktu. Komunikan mengetahui isi pesan komunikator dengan membaca tulisannya.
Keterampilan menulis juga sangat berperan dalam dunia pendidiakan. Menulis merupakan salah satu kegiatan yang tidak terlepaskan dalam proses pendidiakan. Mengingat hampir dalam setiap penyelenggaraan kegiatan pendidikan membutuhkan penguasaan terhadap keterampilan menulis. Pendapat ini didukung oleh Enre (dalam Sugiani, 2007: 2) yang menyatakan bahwa kegiatan menulis merupakan kegiatan yang vital dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu setiap unsur yang terlibat dalam proses pendidikan dituntut untuk menguasai keterampilan menulis.

Siswa dan mahasiwa sebagai salah satu unsur yang terlibat di dalamnya juga tidak lepas dari tuntutan tersebut. Bagi sisiwa dan mahasiswa keterampilan menulis sangat dibutuhkan dalam rangka menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau dosen. Selain untuk memenuhi tuntutan tugas yang diberiakan oleh guru atau dosen, menulis juga dapat meningkatkan pengetahuannya. Sriasih (dalam Budi Utama, 2007: 1) menyatakan peningkatan keterampilan menulis siswa, diyakini dapat mengantarkan siswa mencapai tujuan kurikuler dan pada akhirnya bisa mencapai tujuan pendidiakan nasional yang telah ditetapkan.
Mengingat pentingnya keterampilan menulis dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam proses pendidikan, perlu kiranya pengajaran menulis lebih diperhatikan. Pengajaran menulis harus lebih dioptimalkan agar tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam pengajaran menulis dapat dicapai. Semi (1993: 100) menetapkan beberapa tujuan pengajaran menulis.
a) Siswa mampu menyusun buah pikiran, perasaan dan penglaman kedalam susunan atau komposisi yang baik,
b) Merangsang imajinasi dan daya pikir atau intelek siswa,
c) Siswa mampu mengguanakan perangkat kaidah menulis dan menggunakan kaidah kebahasaan saat menulis,
d) Siswa mampu menyusun berbagai bentuk karangan (surat , laporan, artikel dan lain-lain),
e) Mengembangkan kebiasaan menulis yang akurat, singkat, dan jelas serta menarik.

Dalam dunia pendidikan, keterampilan menulis diajarkan mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah ke atas. Namun hal ini tidak serta merta membuat siswa cepat menguasai keterampilan menulis. Pengajaran menulis yang ada pada setiap jenjang dan tingkat pendidikan tidak memberi jaminan kepada subjek didik atau siswa untuk dapat dengan mudah menguasai keterampilan menulis. Sebagian siswa masih beranggapan bahwa menulis merupakan suatu kegiatan yang sulit, sehingga tidak jarang menulis dianggap sebagai beban. Hal ini senada dengan apa yang dikatakan oleh Sugiani (2007: 2) bahwa kegiatan menulis merupakan kegiatan yang sulit dan tidak gampang. Menulis akan menjadi sebuah kesulitan apabila tidak pernah dilakukan dan tidak ada niat untuk melakukannya. Sebaliknya menulis akan menjadi gampang apabila sering dilatihkan.

Selengkapnya Download Di SIni  http://www.mediafire.com/?22bu69evafm9qfa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: